Rabu, 05 November 2008

Change has come to America


Masyarakat dunia menyambut positif atas terpilihnya Obama sebagai Presiden kulit hitam pertama dalam sejarah Amerika Serikat!
Menarik dicermati adalah pemilu presiden di Amerika Serikat. Yang kalah mengakui kekalahan dan mensuport pemenang. Yang menang merangkul yang kalah untuk bekerja sama membangun negara. Alam demokrasi benar-benar sangat terasa.
Pada 4 November 2008 Barrack Obama (dari Partai Democrat) mengalahkan Mc Cain (dari Partai Republic). Untuk pertama kali dalam sejarah Amerika Serikat mempunyai presiden dari keturunan ras kulit hitam.
Pidato pertama pada kemenangannya di Chicago, Barrack Obama mengatan : ‘Change has come to America’
Obama adalah sosok yang sederhana dan santun. Sosok yang diharapkan dapat mengubah Amerika menjadi Negara adi daya dengan penuh kedamaian, bukan dengan jalan peperangan, seperti yang sudah ditunjukan oleh Presiden George W. Bush selama ini.
Namun demikian Indonesia jangan terlampau banyak berharap dengan Obama. Walaupun masa kecil Obama pernah di Indonesia, bukan berarti akan terjadi peningkatan hubungan yang luar biasa antara Indonesia – Amerika Serikat. Setidaknya Presiden dari Partai Democrat di Amerika kurang mempunyai sejarah yang kurang begitu mesra dengan Indonesia.

Tidak ada komentar: